Profil | HMP PLB FKIP UNS

SELAMAT DATANG

Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Luar Biasa FKIP UNS

Alamat :
Gedung E FKIP UNS
Jln. Ir. Sutami No. 36 A Kampus Kentingan Surakarta 57126
Telp./Fax. (0271) 648939; Website: www.plb.fkip.uns.ac.id;
Email: plb@fkip.uns.ac.id


VISI

Menjadi HMP yang unggul serta mengembangkan potensi akademik dan non akademik anggota dalam rangka menyiapkan tenaga pendidikan luar biasa yang professional.

Misi:

  1. Membangun rasa kekeluargaan Program Studi PLB IP FKIP UNS.
  2. Mewadahi dan mengembangkan kemampuan dan potensi non akademik mahasiswa PLB IP FKIP UNS.
  3. Menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa PLB IP FKIP UNS.
  4. Memperluas jaringan dan meningkatkan kerjasama baik internal dan eksternal UNS.
  5. Optimalisasi fungsi pelayanan-pelayanan kepada mahasiswa PLB IP FKIP UNS khususnya serta pada masyarakat pada umumnya.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI

Untuk mengembangkan IPTEKS di bidang pendidikan khusus dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi :

  1. Guru Kelas di Sekolah Khusus
  2. Guru Mata Pelajaran di SMPLB dan SMALB
  3. Guru PLB di Sekolah Reguler
  4. Guru Bidang Keahlian Khusus PLB
  5. Guru PLB Non Persekolahan
  6. Administrator PLB
  7. Peneliti, Pengembang dan Konsultan di bidang pendidikan khusus

PROGRAM PENDIDIKAN YANG DIKEMBANGKAN

  1. Program Pra-Jabatan (S1)
  2. Program dalam jabatan (S1) :P elatihan non gelar dan Pendidikan Gelar Strata 1 Penyetaraan / transfer / kualifikasi dan PPKHB (Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar)

SWOT PRODI PENDIDIKAN KHUSUS

Kekuatan:

  1. Telah terakreditasi A
  2. Jumlah dan kualifikasi SDM cukup baik, staf dosen 21 orang, S-1= 3 orang, S-2 =15 orang, S-3 = 3 orang.
  3. Rasio dosen : mahasiswa 1:18
  4. Jaringannya di dalam dan luar negeri telah terbangun baik

Peluang:

  1. Ada jaminan hukum dan perundang-undangan
  2. Kepedulian masyarakat semakin nyata (PK dan PLK)
  3. Terbuka dukungan biaya untuk studi lanjut bagi para dosen
  4. Banyak sumber dana yang dapat diraih melalui kompetisi
  5. Fakultas dan Universitas terbuka dalam mendorong dan menfasilitasi pengembangan Program Studi
  6. Banyak alumni yang dapat dijadikan mitra pengembangan
  7. Banyak peluang kerjasama kemitraan dalam dan luar negeri yang belum tergarap secara memadai

Tantangan:

  1. Kompetisi antar LPTK semakin ketat
  2. Pihak user menuntut adanya jaminan kualitas lulusan yang siap pakai
  3. Dibutuhkan pengelolaan lemba­ga yang profesional
  4. Diperlukan Komitmen dan loyalitas yang tinggi pengelola dan Dosen
  5. Dibutuhkan Intake yang semakin berkualitas

STRATEGI

  1. Optimalisasi peran dan fungsi SDM dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  2. Pengembangan jaringan kerja sama dan kemitraan dengan berbagai pihak baik di dalam maupun luar negeri untuk memberikan akses dan dukungan dalam pengembang­an Prodi PLB
  3. Penerapan manajemen organi­sasi yang profesional, transfaran dan akuntabel
  4. Menerapkan program penjamin­an mutu untuk mewujudkan tuntutan perkembangan Iptek dan kebutuhan stake holders.
  5. Mendorong peningkatan kualitas SDM melalui berbagai kegiatan pelatihan dan/atau studi lanjut bagi Dosen yang memenuhi syarat
  6. Menjadikan ”Pendidikan Inklusif” sebagai program unggulan Program Studi PLB, sehingga pendidikan inklusif dijadikan sebagai fokus kajian, pendidikan, penelTIian dan pengabdian pada masyarakat.

RUANG LINGKUP PENGEMBANGAN PROGRAM

Pemerataan dan perluasan akses pendidikan

  1. Penyesuaian daya tampung melalui program reguler
  2. Penerimaan mahasiswa melalui program khusus/kemitraan
  3. Penyelenggaraan program pen­didikan profesi guru PLB
  4. Penyelenggaraan program ke ahlian khusus ke PLB an
  5. Rintisan penyelenggaraan program S2 dan/atau S3 PLB

Peningkatan mutu relevansi dan daya saing

  1. Peningkatan standar mutu calon mahasiswa baru
  2. Penerapan penjaminan mutu
  3. Penciptaan iklim dan suasana akademik yang kondusif
  4. Pemantapan kurikulum, pem­bel­ajaran, dan sistem evalu­asi
  5. Peningkatan fungsi dan peran Laboratorium
  6. Peningkatan kompetensi dan kualifikasi Dosen
  7. Pengembangan sarana pen­didikan dan pengajaran,
  8. Peningkatan mutu penelitian dan pengabdi­an pada masyarakat yang berwawasan ”pendidikan inklusif”
  9. Penerapan program keahlian dan keterampilan khusus (muatan lokal) untuk daya saing lulusan
  10. Peningkatan frekuensi dan kualTIas kegiatan ilmiah
  11. Penerbitan jurnal ilmiah
  12. Peningkatan pembinaan kegiatan kemahasiswaan
  13. Peningkatan standar pelaksa­naan PPL / permagangan, dan Penulisan Karya Ilmiah/skripsi mahasiswa

Penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik

  1. Pemantapan struktur organisasi dan jobdis Prodi PLB
  2. Penyusunan pedoman kerja (sistem dan prosedur) Prodi PLB
  3. Penyediaan ruang kerja dan ruang kuliah yang kondusif
  4. Peningkatan publikasi, komuni­kasi dan pencTIraan publik
  5. Penertiban sistem administrasi dan dokumentasi berbasis TI
  6. Pemantapan dan pembudayaan sistem perencanaan, pelaksana­an dan evaluasi program berbasis data
  7. Penyiapan dan pemantapan akredTIasi instTIusi
  8. Peningkatan kesejahteraan Dosen

TARGET/INDIKATOR KINERJA

Kondisi awal (data base tahun  2007)

  1. Jumlah dosen S1 20%; S2 65%, S3 15%
  2. Kurikulum berorientasi pendidik­an segregasi menuju inklusi
  3. Penyelenggaraan pendidikan prajabatan S-1
  4. Penyelenggaraan pendidikan dalam jabatan
  5. Pembelajaran belum seluruhnya berbasis TI
  6. Masa studi 4 tahun 6 bulan
  7. Indek prestasi 3,05
  8. Masa tunggu 9 bulan
  9. Penelitian dan pengembdian masyarakat belum berorientasi program payung

Kondisi  yang diharapkan tahun  2011

  1. Jumlah dosen S2 70%; S3 30%
  2. Kurikulum berorientasi pendidikan inklusi
  3. 30% pembelajaran berbasis TI
  4. 30% Pengelolaan administrasi berbasis TI
  5. Masa studi 4.3
  6. Masa tunggu <3 bulan
  7. Indek prestasi 3,15
  8. Tambahan dosen baru 3 orang
  9. Layanan asesmen dan Terapi di Laboratorium
  10. Menyelenggarakan pendidikan prajabatan S-1
  11. Menyelenggarakan pendidikan dalam jabatan S-1
  12. Menyelenggarakan pendidikan kekhususan PLB
  13. Menyelenggarakan pendidikan spesialis ortopedagoog

Kondisi  yang diharapkan tahun 2015

  1. Jumlah dosen S2 65%; S3 35%
  2. Kurikulum berorientasi pendidik­an inklusif
  3. 50% pembelajaran berbasis TI
  4. 50% Pengelolaan administrasi ber­basis TI
  5. Masa studi 4.3 bulan
  6. Masa tunggu 0.5 tahun
  7. Indek prestasi 3,2
  8. Tambahan dosen baru 3 orang
  9. 25% dosen bersertifikasi keahlian kekhususan PLB
  10. Layanan asesmen dan Terapi di Laboratorium
  11. Menyelenggarakan pendidikan pra ja­batan S-1
  12. Menyelenggarakan pendidikan dalam jabatan S-1
  13. Menyelenggarakan pendidikan kekhu­susan PLB
  14. Menyelenggarakan pendidikan spesialis ortopedagoog

ROADMAP PRODI PLB

    1. Mendorong dosen studi lanjut
    2. Mengembangkan kurikulum pro­gram S-1 berbasis kompetensi sesuai kebutuhan lapangan pendidikan khusus, baik segregatif maupun inklusif
    3. Mengembangkan perangkat penja­minan mutu
    4. Penyiapan perangkat penyelengga­raan pendidikan kekhu­susan PLB
    5. Penyiapan perangkat penyelengga­raan pendidikan Spesialis Ortopae­dagoog
    6. Pelatihan dosen dalam pembelaj­aran berbasis TI
    7. Melengkapi Media dan prasarana pembelajrn berbasis TI
    8. Melengkapi sarana administrasi berbasis TI
    9. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat berbasis ”pendidikan inklusif”
    10. Penambahan koleksi perpustakaan khusus di Proram Studi Pendidikan Luar Biasa
    11. Memperluas jaringan lapanmgan kerja Alumni
    12. Meningkatkan frekuensi forum ilmiah intra dan antar dosen dan mahasiswa
    13. Pengusulan penambahan dosen baru
    14. Menyelenggarakan Layanan asesmen dan Terapi di Laboratorium Program Studi Pendidikan Luar Biasa
    15. Penyelenggaraan pendidikan pra jabatan S1
    16. Penyelenggaraan pendidikan dalam jabatan (peningkatan kualifikasi/transfer) S-1
    17. Menyelenggaraan pendidikan ke­khususan PLB
    18. Menyelenggarakan pendidikan spesialis ortopedagoog